Network Centric Warfare


Nama               : I Made Ari Sulistya
NIM                : 1504505028
Jurusan            : Teknologi Informasi
Universitas      : Udayana
Matkul             : Network Centric Principle
Dosen              : I Putu Agus Eka Pratama, ST., MT


RANGKUMAN MATERI PERTEMUAN KEEMPAT


            NCS (Network Centic Principle) merupakan sebuah konsep berbasis jaringan computer yang mengacu pada penanganan proses di bidang bisnis, kesehatan, Pendidikan, hingga militer, meliputi proses, infrastruktur, system, dan pengguna. Didalam Network Centric Principle terdapat dua jenis keamanan yaitu data dan informasi yang akan menjamin kemudahan kepada pengguna.
Perkuliahan Network Centric Principles pada pertemuan keempat ini akan membahas mengenai Net Centric Warfare dan SDN (Software Defined Networking), yang akan dibahas yaitu mengetahui lebih lanjut mengenai apa itu Net Centric Warfare dan Software Defined Networking (SDN). Sebelum membahasa mengenai berbagai apa itu Net Centric Warfare dan Software Defined Networking (SDN), terlebih dahulu membahas sedikit tentang Net Centric diberbagai bidang salah satunya pada bidang militer, Net Centric diterapkan pada bidang militer maka muncul yang namannya Net Centric Warfare. Net Centric banyak juga terdapat penerapannya di bidang Enterprise, yang dimana paradigma jaringan konfigurasinya tidak lagi sebatas hardware saja tetapi sudah full ke softwarenya. Kembali lagi ke Net Centric Warfare, untuk pemahaman dari sisi tekinikal dan simulasi mengenai penerapan FFOS di Linux akan dibahas pada pertemuan selajutnya, dan untuk saat ini akan membahas lebih rinci mengenai apa itu Net Centric Warfare dan SDN sebagai berikut.

A. Definisi Net Centric Warfare
Net Centric Warfare merupakan suatu penerapan dari Net Centric Principle khusus dalam bidang militer yang dimana diterapkan untuk kebutuhan militer seperti Teknik perperangan, strategi, hingga pemindaian musuh. Dimana Net Centric Warfare ini digagas oleh Departemen Pertahanan AS (DoD) yang merupakan sebuah doktrin perang baru yang nantinya digunakan untuk penyebaran informasi untuk memperoleh suatu keunggulan di medan perang.
Banyak sudah negara-negara di dunia yang menggunakan Net Centric Warfare ini seperti Amerika Serikat, China, Negara Eropa, Rusia, Jerman, bahkan Indonesia pun akan menerapkan teknologi untuk keamanannya yang nantinya akan digunakan oleh TNI Angkatan Darat, Angkatan Laut maupun Angkatan Udara.

Pada era sekarang ini, medan perang sudah menggunakan suatu teknologi canggih untuk melakukan suatu pertahanan dan ketahanan mereka, dimana pada saat ini tidak lagi tergantung pada jendral perang, pasukan, dan peralatan tempur fisik tetapi sisi keamanan dalam teknologi data dan informasi sudah sangat diperhitungkan, dimana menjaga suatu keamanan data dan informasi sangat penting karena banyak terdapat data atau informasi yang bersifat rahasia didalmnnya, sehingga diperlukannya teknologi yang dapat menjaganya seperti penerapan Net Centric Warfare ini.

B. Teknologi pada Net Centric Principles
Berikut merupakan teknologi-teknologi yang terdapat dalam Net Centric Prinsiples yaitu sebagai berikut.
1.      Cloud Computing
Cloud Computing atau komputtasi awan merupakan suatu teknologi yang memanfaatkan teknologi computer dengan pengembangan berbassis internet (awan). Cloud Computing dapat melakukan suatu komputasi parallel, resourse komputasi, dan memiliki layanan on demand yang dimana termasuk yaitu seperti grid dan cluster computing.

2.      Sensor
Sensor merupakan suatu komponen elektronik yang berfungsi untuk mendeteksi adanya peruahan besaran lingkungan fisik atau kimia. Dimana sensor tersebut bekerja dengan cara pemindaian oleh node-node sensor.
3.      Wireless Sensor Network
Wireless Sensor Network (WSN) merupakan suatu system teknologi yang dapat menghubungkan 3 komponen seperti node, router dan sink node yang menghasilkan suatu jaringan. Dimana WSN ini memiliki satu atau lebih sensor yang memanfaatkan node-node secara dinamis dan contoh varian dari WSN seperti Wireless Body Sensor Network dengan Nano Komputer.
4.      Nano Computer
Nano computer merupakan suatu teknologi atau computer yang memiliki ukuran yang sangat kecil. Dimana nano computer ini sudah melengkapi kemampuan dari 3 teknologi sebelumnnya yang telah dibahas dari sisi mobilitas komputasi.

C. Software Defined Networking
Software Defined Networking (SDN) merupakan suatu konsep pendekatan jaringan computer dimana system pengontrol dari arus data dipisahkan dari perangkat kerasnya. Dimana SDN ini merujuk dalam paradigma baru dalam mendesain, mengelola dan pengimplementasian jaringan. Yang digunakan untuk mendukung suatu bidang dalam memenuhi kebutuhan dan inovasinya yang semakin lama semakin kompleks. Konsep SDN adalah dengan melakukan pemisahan eksplisit antara control dan forwarding plane, serta kemudian melakukan abstraksi sistem dan mengisolasi kompleksitas yang ada pada komponen atau sub-sistem dengan mendefnisikan antarmuka (interface) yg standard.
Software Defined Network (SDN) merupakan sebuah bagian dari Cloud Computing yaitu IAAS Cloud.  SDN membantu sistem administrator dan perusahaan di dalam manajemen jaringan secara lebih baik. Dalam kaitannya dengan Net Centric Principles, ini sangat bermanfaat sekali, baik pada Warfare, information Centric, Data Centric, dan lainnya. Praktikal sederhana dapat menggunakan Mininet di Linux Ubuntu/distro lainnya yang nanti akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

D. Perbandingan Antara SDN dengan Traditional Net
Berikut merupkan perbandingan antara SDN (Software Defined Networking) dengan Traditional Net adalah sebagai berikut.

Dimana perbedaan yang terlihat pada gambar tersebut dimana pada traditional networking setiap network devicenya hanya dapat berinteraksi antar satu sama lainnya sedangkan dengan SDN dapt dikontrol dengan menggunakan suatu aplikasi program antarmuka sehingga menjadikan system tersebut lebih kompleks.


Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar